Harian Kontan, JAKARTA. PT Lippo Cikarang Tbk belum merasa puas dengan pembangunan Lippo Cikarang CityWalk. Pengembang asal Lippo Group itu hendak mengadakan pembangunan tahap 1B setelah LC CityWalk beroperasi Februari 2011. Menurut Endang, pembangunan tahap 1B dimulai paling lambat akhir tahun ini.

Sekadar informasi, Lippo Cikarang Citywalk berpijak di atas lahan seluas 6.800 meter persegi (m2). “Total lahan disiapkan 16.000 m2, jadi yang 1B mau pakai 8.000 m2 – 10.000 m2,” ungkap Endang Sutrisna, Manajer Umum dan Komersial LC CityWalk kepada KONTAN, Senin (1/8). Nilai investasi LC CityWalk 1B sekitar Rp 60 miliar hingga Rp 80 miliar.

Menurut Endang, LC CityWalk yang kini ada belum lengkap dan masih didominasi tenant supermarket dan food & beverage. Adapun okupansi tenant sudah 95% dengan total 34 penyewa. “Nantinya bakal ada sinema dan toko buku, kemungkinan besar Gramedia. Jadi memang untuk melengkapi tahap I dan supaya konsep citywalk tercapai. Saat ini kami sedang desain tahap 1B,” terus dia.


Endang mengaku, gairah mengembangkan LC CityWalk dilatari pertumbuhan sarana hiburan dan rekreasi keluarga di Lippo Cikarang. Misalnya, Water Boom Lippo Cikarang serta sarana olah raga Olympic Sport Center yang acap dipakai lomba renang bertaraf internasional.

“Lippo Cikarang baru saja meluncurkan sport center yang dilengkapi fasilitas gym, kolam renang, futsal, dan tenis indoor. Kehadiran mal harus saling mendukung dengan sarana-sarana itu,” kata Endang.

Di sisi lain, Endang memperkirakan pengunjung bosan dengan konsep mal yang itu-itu saja. Hal tersebut, kata Endang, mendasari desain indoor-outdoor LC CityWalk. “Sekitar 3/4 tenant indoor, selebihnya outdoor,” jelas Endang. Pengembang menargetkan LC CityWalk IB beroperasi pertengahan tahun 2013.

Kepala Riset PT Cushman Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo, bilang mal dengan konsep city walk mesti pintar dalam tenancy mix. “Lippo Cikarang lebih banyak outlet makanan, dia harus memperbaiki yang sudah ada. Kehadiran mal city walk juga harus benar-benar modern dan melengkapi mal tua yang ada,” kata Arief kepada KONTAN.

Lippo Cikarang CityWalk berada dalam lingkup kawasan industri Cikarang. Menurut Arief, itu menjadi keunggulan dan membuat mal cepat berkembang karena berada di township development yang sudah lengkap. “Apalagi di kawasan industrinya banyak ekspatriat, konsepnya harus modern. Mal juga makin berkembang karena event great sale makin menjamur,” tambah Arief.

Sumber : http://industri.kontan.co.id/v2/read/1312204930/74315/Dirasa-belum-lengkap-Lippo-Cikarang-City-Walk-bakal-dikembangkan-lagi